whatsapp

Cara Hapus Cache Whatsapp di Android

Cara Hapus Cache Whatsapp di Android BiarTidak Lag

Cache yang ada di Whatsapp dalam waktu lama bisa menghambat kinerja smartphone Android. Pemilik smartphone diharapkan menghapus dengan rutin agar performa tidak ngelag.Setidaknya terdapat dua cara hapus cache Whatsapp yang bisa diterapkan. Hanya saja Anda yang belum terlalu paham apa itu cache juga bisa memahami lebih lanjut berikut.

ApaItu Cache?

Definisi cache adalah proses untuk menyimpan data yang berlangsung sementara sehingga aplikasi tidak perlu mengunduh data berulang kali. Setiap kali Anda menggunakan aplikasi Whatsapp maka terdapat beberapa informasi yang disimpan.Penyimpanan data dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja aplikasi dalam melangsungkan fitur-fiturnya.

Setiap pemilik membuka video, gambar, pesan suara, dokumen, dan lain-lain pada bagian kolom chat sudah pasti akan menambah jumlah cache. Cache yang semakin bertambah akan membebani kinerja dari smartphone. Terlebih lagi bila kapasitas dari audio dan video cukup besar sudah pasti mempercepat smartphone menjadi lemot.

Supaya tidak gampang ngelag alias lemot kinerjanya maka Anda perlu menghapus cache secara rutin. Caching sendiri juga memiliki sejumlah manfaat seperti membantu aplikasi mampu bekerja lebih cepat dan efisien karena proses penyimpanan data berlangsung di lokal.

Keberadaan cache pada WhatsApp juga berguna untuk meningkatkan pengalaman dari penggunanya. Langsung kita bahas saja bagaimana cara menghapusnya di poin berikutnya.

Cara Hapus Cache Whatsapp Langsung dari Aplikasinya

  1. Buka aplikasi Whatsapp yang terpasang di smartphone Anda.
  2. Klik pada ikon titik tiga yang berada di pojok atas bagian kanan.
  3. Selanjutnya pilih opsi ikon “Setelan”.
  4. Setelah terbuka halaman yang baru di layar smartphone, Anda bisa mulai klik bagian “Penyimpanan Data”.
  5. Bagian teratas akan terdapat menu berupa “Kelola Penyimpanan”. Klik opsi bertuliskan “KelolaPenyimpanan” dan Anda akan segera melihat cache yang tersimpan di sana.
  6. Setelah melakukan pengetukan terhadap opsi Kelola Penyimpanan maka Anda dapat melihat adanya kolom bar dengan warna hijau maupun kuning. Baca bagian keterangan dari opsi warna.
  7. Tepat di bagian bawah kolom bar terdapat daftar kontak yang ada di Whatsapp. Pilih kontak yang dianggap kurang penting dan berkapasitas memori besar.
  8. Hapus file yang dianggap kurang penting tadi dengan klik pada file tersebut.
  9. Ketika cache sudah dihapus biasanya jumlahnya akan berkurang dan bisa terlihat dari bagian kolom bar.

Itu adalah cara menghapus cache yang ada di Whatsapp. Lakukan penghapusan dengan berkala agar kinerja smartphone tidak lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *