Langkah – Langkah Berinvestasi Dengan Mudah Bagi Pemula

Memiliki investasi pribadi di kalangan anak muda maupun seorang pekerja bahkan pemula, itu merupakan suatu gaya hidup yang lebih produktif. Pandangan lama bahwa seorang investasi itu hanya orang – orang yang harus sudah matang tentang pemahaman investasi.

Langkah – Langkah Berinvestasi Berikut Panduannya

Bila tekad dan niat kita sudah bulat ingin melakukan investasi, berikut cara mudah atau langkah – langkah untuk melakukan investasi sebagai berikut :

1.Pahami Konsep dan Resiko Dari Investasi

Asuransi adalah suatu mekanisme pengelolaan risiko finansial, setiap ada yang menimbulkan risiko bagi kondisi keuangan atau asset penting miliknya, sebaiknya kita memang harus mengasuransikannya, tapi ada dua asuransi yang penting yaitu asuransi kesehatan dan asuransi jiwa.

2.Harus Miliki Tujuan Dalam Berinvestasi

Langkah selanjutnya bila mana kita melakukan suatu investasi mendaftar atau mengelola suatu keuangan yang lebih terjamin di masa yang mendatang. Tujuan keuangan anda juga dapat di targetkan bisa dalam berjangka pendek atau panjang. Contohnya kurun waktu dalam 3-4 tahun ke depan kita ingin menggunakan nya dengan beli rumah atau menikah dan lain sebagainya.

Dari masing masing target atau ingin mewujudkannya tentunya harus mempunyai konsisten yang kuat misal dana menikah dalam 3 tahun 100 juta dana membeli rumah atau DP rumah 150 juta dan seterusnya.

3.Jalankan Investasi Secara Disiplin dan Konsisten

Dalam suatu investasi ini adalah kita harus menyusun suatu strategi agar dapat mengelola suatu modal secara optimal sehingga tujuan atau pencapai yang kita inginkan berhasil di masa yang akan datang.

4.Tentukan Instrument Investasi

Jika sudah menentuan investasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang atau jangka pencapaian, selanjutnya adalah anda bisa menentukan suatu instrument investasi yang tepat dari tujuan profil resiko dan keuangan.

Bila mengacu pada pengelompokan risiko berdasarkan tujuan keuangan, maka anda bisa memakai langkah sebagai berikut :

  1. Investasi dalam kurun jangka pendek yaitu < 3 tahun.
  2. Investasi dalam kurun jangka menengah yaitu 3 – 5 tahun.
  3. Investasi dalam kurun waktu panjang di atas 5 tahun.

5.Buka Rekening Investasi

Kemudian jika anda sudah mempunyai tujuan dan instrument silakan buka rekening investasi ke suatu lembaga perusahaan sekuritas.

Kesimpulannya dari langkah – langkah investasi ialah harus mempunyai target tujuan dalam berinvestasi tetapi jika sudah siap harus memahami maka tinggal pilih kurun waktu investasi dan segera buka rekening investasi ke perusahaan sekuritas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.